Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

GEMPA MENGGUNCANG PACITAN, BAGAIMANA MENURUT BMKG?

Jumat, 13 Maret 2020 | Maret 13, 2020 WIB Last Updated 2020-03-13T07:26:29Z
>

Pacitansatu.com, Pacitan-- Gempa magnitudo 5,1 yang baru dimutakhirkan BMKG, mengguncang Pacitan, Jawa Timur. Gempa ini termasuk jenis gempa dangkal dan akibat aktivitas tektonik.
"Gempa ini dirasakan di Cilacap, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Purworejo I-II MMI, Bantul, Klaten, Wonosari dan Yogyakarta II-III MMI," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG DIY, Agus Riyanto kepada sebagaimana dilansir detikcom, Kamis (12/3/2020).

Agus menyebut gempa yang berpusat di 113 km barat daya Pacitan, Jawa Timur itu merupakan gempa akibat aktivitas tektonik. Sumbernya di laut di daerah subduksi antara lempeng Indo-Australia yang menunjam masuk ke bawah lempang Euroasia.

"Polanya umum didahului sebelumnya oleh gempa-gempa kecil yang biasa disebut gempa pendahuluan dan ada gempa utamanya (yang barusan) dan akan diikuti gempa-gempa susulan. Gempa susulannya ya semakin kecil baik jumlah maupun kekuatannya," jelasnya.

Meski begitu, dia meminta masyarakat agar tidak panik. Dia mengimbau agar masyarakat juga waspada dengan bangunan di sekeliling yang rawan roboh.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9.06 LS dan 110.56 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 113 km arah barat daya Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 53 km.
×
Berita Terbaru Update