Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Kurangi Dampak Covid-19, Pramuka Pacitan Bagikan Masker dan Hand Sanitizer Gratis.

Rabu, 08 April 2020 | April 08, 2020 WIB Last Updated 2020-04-08T07:59:14Z
>
Foto: Pemberian Masker dan Hand sanitizer oleh DKC dan BP1301 Kwarcab Pramuka Pacitan

PACITAN. PacitanSatu.com 
Sudah ribuan warga Indonesia yang dinyatakan dalam perawatan atau positif terkena virus corona atau Covid-19. Penyebaran Covid-19 yang begitu mudah dan cepat menyebar telah menjelma menjadi bencana non alam dan nampak akan mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, khususnya para pekerja informal dalam hal ini para “tukang becak, pedagang dan masyarakat kelas menengah kebawah lainnya”. Yang pada akhirnya membuat mereka tak punya pilihan selain harus tetap ke luar rumah mangkal, berjualan untuk berharap ada yang memanfaatkan jasanya atau membeli daganganya dengan imbalan rupiah, karena bagi kebanyakan para pekerja ini bekerja sehari untuk dihabiskan membeli lauk pauk di hari yang sama. Jika mereka tetap berada di luar rumah, tidak hanya berpotensi tertular, tapi juga bisa menularkan virus Corona untuk keluarga mereka di rumah, serta menjadi ancaman kesehatan bagi lingkungan sekitar.

Atas dasar inilah, Pramuka Kwarcab Pacitan pada hari selasa, 7 april 2020 melaksanakan kegiatan pembagian masker, handsanitizer gratis dan sekaligus mensosialisasikan terkait pencegahan penyebaran covid - 19 kepada masyarakat di seputaran kecamatan pacitan, yang dalam aksinya melibatkan sejumlah 15 orang yang terdiri dari 9 pengurus Dewan Kerja Cabang dan sisanya anggota Brigade Penolong 13.01 Pacitan. Koordinator aksi, Kak Rina Susiantari mengatakan ada beberapa sasaran tempat aksi seperti sepanjang jl. A yani (dari tmp - penceng), pasar minulyo, terminal bus pacitan, rsud pacitan, pasar arjowinangun dsb. Selain aksi tersebut, kita juga berpartisipasi di lingkungan masing-masing, bersosialisasi dengan media banner di beberapa titik per kwarran/kecamatan dan memberikan himbauan untuk menghentikan semua kegiatan pramuka dari tingkat nasional sampai ranting/kecamatan. "Kami semua sempat sedih dikarenakan beberapa acara Pramuka dihentikan padahal sudah direncanakan matang - matang, akan tetapi demi mencegah penyebaran virus corona serta melaksanakan perintah dari Kwarnas untuk menunda seluruh aktivitas pramuka, akhirnya kami menunda bahkan menghentikan semua kegiatan kami". Kata ketua saka saka wira kartika dan perwakilan dari anak pramuka salah satu sma di pacitan.


Masyarakat sekitar sangat berterimakasih dengan diadakannya kegiatan ini, dikarenakan sulitnya mencari masker dengan harga yang terjangkau. "Kami berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti, dan tetap dilanjutkan terus dikarenakan tidak jelas kapan berakhirnya virus ini" tutur salah satu pedagang. "Kami selalu tekankan kepada seluruh penggiat pramuka dalam setiap aksi untuk menggunakan masker, tetap berpartisipasi dalam bentuk apapun demi mencegah penyebaran Covid - 19, dan selalu berolahraga agar imun tubuh kita kuat. Semoga kita tetap dalam keadaan sehat, dan semoga Virus ini cepat hilang agar kita bisa menyambut Ramadhan dan beraktivitas pramuka dengan normal kembali." Pesan Kak Sudjarwo, Ketua Kwarcab. (azl)
×
Berita Terbaru Update