Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Pemerintah Desa Gembuk bersama Warga dirikan Pos Jaga di setiap pintu masuk Desa untuk melawan Covid 19

Kamis, 16 April 2020 | April 16, 2020 WIB Last Updated 2022-02-11T16:38:53Z
>
Pemerintah Desa Gembuk dan warga lawan Corona

Pacitansatu.com--
Sesuai dengan intruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mendorong Pemerintah Desa membangun Pos jaga di setiap gerbang masuk desa sebagai upaya penanganan dan pencegahan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, telah membangun 7 (tujuh) Posko Relawan Desa Lawan Covid-19.Hal ini berdasarkan petunjuk Mendes PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19.

“Alhamdulillah berkat gotong royong dan kerja sama bersama warga, Posko Desa Lawan Covid-19 telah dibangun secara swadaya masyarakat. Tujuh Posko yang kita bangun itu tersebar di setiap perbatasan utama jalan masuk ke Desa Gembuk" demikian penjelasan Fuji Anwar Kaur Desa Gembuk saat dikonfirmasi Pacitansatu.com , Kamis (16/4/2020).



Tujuan dibangunnya Posko Relawan Desa Lawan Covid-19, Dikatakan Fuji Anwar, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Desa Gembuk ikut andil dalam mencegah penyebaran Covid-19. Dari Posko yang telah dibangun akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang masuk ke Desa Gembuk.


“Posko Relawan Desa Lawan Covid-19 yang kita bangun ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, agar setiap orang yang akan masuk ke Desa Gembuk wajib dilakukan penyemprotan dan cuci tangan, hingga dianggap bersih atau steril juga memakai masker bila keluar rumah. Begitu juga dengan petugas yang memeriksa telah dilengkapi dengan APD dan Masker,” kata Fuji Anwar.

Lanjut Fuji Anwar, Setiap Posko diisi oleh tim satgas pencegahan covid 19 yang terdiri dari perangkat desa, linmas, lembaga desa karang taruna, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Setiap orang dan kendaraan yang melintasi atau masuk ke Desa Gembuk akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dilakukan penyemprotan disinfektan serta diwajibkan mencuci tangan pakai sabun dan masker.



“Dengan upaya ini, pentingnya gerakan masif yang harus dilakukan, mulai dari diri sendiri, rumah tangga lingkungan dan desa guna menekan bahkan melawan penyebaran Covid-19 ini yang sangat cepat dan masif,” ujarnya.


“Tidak hanya membangun posko untuk masyarakat yang melintas, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan ke beberapa rumah warga dan semua ini dibawah komando bapak Eko  sebagai kepala Desa Gembuk,” tambah Fuji Anwar.



Pemerintah Desa Gembuk yang dinakhkodai Nugroho Eko Prabowo, Kepala Desa muda yang energik ini juga menghimbau kepada masyarakat Desa Gembuk untuk tetap menjaga diri dan keluarga dari penyebaran virus Corona dan ikuti anjuran serta himbauan Pemerintah agar masyarakat tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Jaga kesehatan dengan selalu membersihkan atau cuci tangan dengan sabun dan membiasakan untuk berprilaku hidup bersih dan sehat. (Eln)
×
Berita Terbaru Update