Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Momentum Bersejarah Pelantikan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Arjosari Pacitan

Minggu, 28 Maret 2021 | Maret 28, 2021 WIB Last Updated 2021-03-28T00:56:40Z
>
Persiapan tempat pelantikan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Pacitan. (ISA/Pacitansatu.com)

Pacitansatu.com-Jika tidak ada aral melintang, pagi hari ini, Ahad (27/03/2021) akan menjadi catatan sejarah yang cukup monumental bagi Muhammadiyah di Pacitan, yakni dilantiknya Pengurus PCM Arjosari untuk pertama kalinya.

Pendirian cabang di Kecamatan Arjosari ini akan menggenapi, 11 PCM lain yang sudah berdiri sebelumnya, puluhan tahun yang lalu.

Suyitno, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pacitan, menjelaskan bahwa pembentukan PCM Arjosari ini sudah menjadi harapan seluruh warga Muhammadiyah Pacitan. "Alhamdulillah, tahun ini insyaallah PCM Arjosari akan disyahkan dan dilantik pengurusnya oleh PDM Pacitan", tuturnya.

PCM Arjosari akan menjadi Cabang ke-12, sesuai dengan jumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan. "Ini akan melengkapi sejarah keberadaan cabang di seluruh kecamatan di Pacitan", lanjut Suyitno melalui pesan di whatsapp.

Ritisan pendirian cabang ini dimulai dari perkaderan melalui Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Tapak Suci. Para kader ini berproses tidak hanya di Arjosari saja, namun ada yang di IMM Surabaya, Ponorogo dan kota kota lainnya.

"Alhamdulillah ketika mereka pulang, setelah menyelesaikan pendidikannya, bisa mengembangkan kader di daerah asalnya", jelas Suyitno.

Selain itu ada juga kader dari kecamatan lain yang menikah dan tinggal di Arjosari. Demikian juga yang dari Tapak Suci, mereka berlatih di Kecamatan Pacitan, meskipun tinggalnya di Arjosari.

Setelah dilakukan pertemuan di Desa Jetis Kidul, maka kemudian terbentuklah susunan pengurus cabang sejumlah 17 orang.
"Insyaallah mereka memiliki dedikasi dan semangat yang tinggi untuk memajukan syiar Islam melalui persyarikatan Muhammadiyah", lanjut Suyitno.

Sejumlah kader yang terus di pantau dengan silaturahmi  yang terus dijalin, akhirnya bisa melengkapi susunan pengurus cabang ini. 

Ketua PDM Pacitan, Suprayitno Ahmad menjelaskan bahwa 
dalam acara pelantikan ini, akan dihadiri dari PP Muhammadiyah. "Insyaallah besok dari Majlis Dikti PP Muhammadiyah, Prof. Sutrisno akan hadir dan memberikan orasi ilmiyah", kata Suprayitno Ahmad.

"Selain itu Pelantikan ini juga akan dihadiri pengurus organisasi otonom, Majlis dan lembaga serta perwakilan PCM, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat", lanjut Suprayitno.

Kecamata Arjosari, adalah salah satu kecamatan yang melahirkan ulama besar dunia, Syaikh Mahfudz Atturmusi. Selain itu, KH. Ahmad Azhar Bashir, salah satu Ketua PP Muhammadiyah, semasa mudanya juga pernah menimba ilmu disini. 

Selain itu, besok pada waktu yang sama, juga akan dilantik, Ketua PCM Pringkuku, Abdul Azis, yang akan menggantikan Almarhum H. Nasikin, yang wafat usai memimpin rapat pendirian Muhammadiyah Boarding School (MBS) beberapa waktu yang lalu. (Muh. Isa Ansori)
×
Berita Terbaru Update