Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

KKN ISIMU( Institut Study Islam Muhammadiyah ) Pacitan Tahun 2022, Kelompok 5 di Desa Sidomulya Kecamatan Ngadirojo

Minggu, 13 Februari 2022 | Februari 13, 2022 WIB Last Updated 2022-02-15T02:10:28Z
>

Pacitansatu.com, Kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan tema “Peran Perguruan Tinggi Dalam Percepatan Pembangunan  Desa” Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merupakan kegiatan lapangan bagi mahasiswa tingkat akhir ataupun mahasiswa semester 7. Kegiatan pengabdian masyarakat yang berbasis riset, wujud nyata dalam membantu menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat dalam bentuk nyata. Kegiatan KKN tahun 2022 ini difokuskan pada Percepatan Pembangunan Desa. Beberapa  bidang yang harus dilaksanakan mahasiswa KKN yaitu Bidang Pendidikan, Keagamaan, Kesehatan, Ekonomi, Pengembangan IT, dan pengembangan Masyarakat.

Kegiatan KKN dilakukan kurang lebih 43 hari mulai dari selasa tanggal 18 januari sampai selasa, 01 Maret 2022. Di dusun Krajan desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo. Mahasiswa ISIMU yang KKN  di desa sidomulyo sejumlah 13 orang dari dua Prodi. Prodi Pendidikan Agama Islam dan Prodi PGSD/PGMI. 


Kegiatan awal yang dilakukan Mahasiswa ISIMU selama mulai kkn didesa sidomulyo 1 minggu observasi mulai dari observasi tempat wisata, sekolah-sekolah yang ada didesa sidomulyo, serta tempat produksi sumber Air Banyu Biru sidomulya. Ada banyak tempat wisata yang ada didesa sidomulyo mulai dari pantai Soge, pantai tawang, jembatan soge ,pantai watu papak, pantai puring, watu bale,Sungai Kittri dll. Di sidomulya terdapat 6 sekolah 5 Sekolah Dasar dan 1 sekolah MI. Produksi Banyu Biru yang dikelola oleh BUMDesa Rejo Mulyo desa Sidomulya yaitu air minum “ANYES”.
Mahasiswa bersosialisasi dengan warga masyarakat sembari mengikuti kegiatan setempat . misalnya dengan turut serta pada acara syukuran, yasinan dan juga pengadaan program kerja kajian Ta’lim setiap sabtu malam (malam ahad) di masjid Baitut Ta’lim yang diikuti oleh warga masyarakat dusun Krajan Desa Sidomulyo. Antusias warga masyarakat yang mengikuti kajian ta’lim sangat mesuport dengan diadakannya kegiatan ini, selain untuk memakmurkan masjid juga dapat memperat tali silaturahmi antara masyarakat sedusun Krajan Desa Sidomulya. “ Karena sejatinya hidup bermasyarakat memberikan impek positif bagi setiap individu, dan memakmurkan masjid dengan menjalin silaturahmi sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia” tutur Ana Nur ( mahasiswa KKN Bidaang Keagamaan )
Pada setiap minggu Pagi Mahasiswa KKN mengikuti kegiatan kerja bakti bersama warga dusun setempat. Minggu pertama di Rt 01 Rw 01, minggu kedua di RT 02 Rw 01, dan minggu ke tiga di Rt 03 Rw 01. 


Ada juga di bidang kesehatan yaitu pengadaan sosialisasi tentang pengobatan tradisional dengan tema “ pengobatan Sunnah dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Sebagai Pengobataan Alternatif” yang diikuti oleh ibu-ibu Pkk Desa Sidomulyo. Selain dikenalkan dengan obat-obatan tradisional peserta sosialisasi juga dikenalkan mengenai macam-macam pengobatan sunnah seperti Bekam, Fashdu dan Topung . “ Jangan terlalu sering menggunakan obat-obatan kimia, ada beberapa terapi alternatif pengobatan berbasis sunnah yang dapat kita coba sebelum mengonsumsi obat pabrik , yaitu bekam, fashdu dan topung” tutur Danang, praktisi terapi Fashdu dan topung.
Selain itu mahasiswa KKN berpartisipasi juga dalam kegiatan senam sehat dan jalan pantai lansia yang dilaksanakan di pantai soge dengan peserta kurang lebih 300 orang dari lansia dan ibu-ibu PKK sedesa Sidomulya. “Antusias warga masyarakat desa Sidomulyo khususnya Lansia membuat Mahasiswa KKN termotivasi untuk terus menerapkan pola hidup sehat” tutur Titis Ajeng salah satu mahasiswa KKN bidang Kesehatan. (Sofi Red)
×
Berita Terbaru Update