Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Pengukuran dan penentuan arah kiblat Musholla Arrasyid Baleharjo

Sabtu, 05 Maret 2022 | Maret 05, 2022 WIB Last Updated 2022-03-05T05:50:34Z
>

Pengukuran arah kiblat merupakan proses yang harus dilakukan sebelum Masjid atau Mushala dilakukan pembangunan fisiknya. Pengukuran arah kiblat tidak hanya menjadi pedoman dalam melakukan ibadah sholat saja, akan tetapi juga menjadi acuan pelaksana pembangunan dalam menentukan tata letak dan ruang.

Tim pengukur arah kiblat Kankemenag Kabupaten Pacitan Mohammad Farid, hari ini malakukan survei lapangan dan menentukan arah kiblat Pembangunan Musholla yang terletak di RT 3 RW 3 Kelurahan Baleharjo Kabupaten Pacitan.  Lokasi ini rencanya akan didirikan bangunan mushala untuk kebutuhan beribadah bagi umat Islam dilingkungan sekitarnya. (Sabtu, 5/3).

Mohammad Farid selain mengukur ketepatan arah kiblat, juga memberikan pencerahan mengenai tata cara dan prosedural  pembangunan mushala kepada pengurus dan panitia pembangunan mushala.

“Pengukuran dan penentuan arah kiblat ini sangat penting karena  menjelaskan terkait pentingnya mengukur  arah kiblat agar bisa menyesuaikan dengan arah yang tepat juga pengukuran kiblat di mushala atau masjid penting dilakukan untuk menyempurnakan ibadah, terutama pelaksanaan ibadah shalat baik shalat wajib maupun shalat sunah sekalipun” ujar Mohammad Farid.

Syamsul Arifin salah satu warga menyambut gembira atas dimulainya pelaksanaan pengerjaan pembangunan Musholla ini, menurutnya langkah awal yang dipenting dilakukan adalah menentukan arah kiblat yang tepat, maka pertama yang dilakukan adalah memohon bantuan kepada lembaga yang berwenang dalam hal ini adalah Kemenag Pacitan. "bersyukur sekali mas atas mulai dibangunnya fasilitas ibadah di RT 03 ini, karena ini kayaknya hanya RT kita ini diwilayah Baleharjo yang belum memiliki fasilitas Ibadah berupa Musholla, harapannya semoga kedepan dapat dimakmurkan oleh warga sekitar juga menjadi sarana silaturrahmi kegiatan keagamaan bagi seluruh warga RT" harapnya.


Pada kesempatan yang sama Ketua RT 03 Rw 03 Bibit Basuki juga mengingatkan agar setelah bangunan mushala terwujud, jangan dibiarkan kosong. Rangkullah saudara-saudara seagama kita untuk rajin beribadah di mushala untuk meningkatkan kedekatannya dengan Alloh SWT.

” Selenggarakanlah berbagai kegiatan yang keagamaan seperti pengajian, TPQ dan kegiatan produktif keumatan yang semakin meningkatkan ketaqwaan kita” ungkap Bibit Basuki. (arp).

×
Berita Terbaru Update