Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Superman Ratakan, Raih Juara di Ajang Short Movie Pramandapo Scout Competition 2023

Senin, 23 Januari 2023 | Januari 23, 2023 WIB Last Updated 2023-01-23T01:12:42Z
>
Tangkapan Layar Adegan Film Superman Ratakan.

Ponorogo, 22 Januari 2023. PacitanSatu.Com. Luar biasa, Superman Ratakan mampu menyabet Juara 2 dalam ajang yang diselenggarakan di tingkat Propinsi. Dalam ajang Pramandapo Scout Competition yang digelar MAN 2 Ponorogo, Film pendek ini mengambil tema "Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia".

Film ini tentu saja bukan kisah tentang superhero Superman yang membantu manusia dari ancaman kejahatan, tetapi mengambil kisah tentang superhero lain yaitu sekelompok murid SMP Negeri 1 Tegalombo yang berusaha membantu kesusahan salah satu temannya. 
Film ini bermula dari seorang murid yang bernama Budi yang tengah melamun didepan kelasnya karena sedang memikirkan ibunya yang lagi sakit, sementara ia dan keluarganya juga dalam himpitan ekonomi yang sulit. Melihat ini Rani yang merasa kasihan pun berinisiatif untuk membantu Budi, dengan cara mengajak teman² nya menggalangkan dana untuk membantu berobat ibunya Budi. Meskipun pada awalnya mendapat penolakan dari seorang temannya namun niat baik ini akhirnya bisa terlaksana setelah Citra mendapat nasehat dari Dino. 

Film yang mengambil setting tempat di SMP Negeri 1 Tegalombo ini tebtubya sangat menarik karena menggambarkan bagaimana pendidikan karakter mampu diterapkan di sekolah ini. 
Ferisia Hana Puspita, salah satu pembina yang sekaligus guru BK disekolah ini menuturkan bahwa, film ini selain untuk mengikuti ajang lomba di MAN 2 Ponorogo, juga sebagai media untuk mengajarkan pendidikan karakter di sekolah ini. 

"Kami mengajarkan pendidikan karakter bukan hanya melalui teori di kelas, tetapi juga kita kemas dalam sebuah film yang menginspirasi dan tentunya menarik bagi murid-murid kami" ujar guru yang biasa dipanggil bu Hana ini. 

"Kedepan kami akan mencoba semakin banyak membuat film-film dengan tema pendidikan moral ini, agar pendidikan karakter disekolah kami semakin kuat karena biasanya anak-anak senang melihat pengajaran yang dikemas dengan cara yang menarik seperti ini." imbuhnya. 

Guru yang saat ini sedang mencoba peruntungannya dengan mengikuti diklat Calon Guru Penggerak angkatan 9 kabupatèn Pacitan ini juga merencanakan pembuatan film dengan tema pendidikan karakter seperti ini sebagai Aksi Nyatanya jika ia bisa lolos mengikuti diklat CGP ini. 

Dalam film yang di bina dan dilatih oleh Bambang Setyo Utomo guru SMP Negeri 1 Tegalombo yang juga merupakan Sekretaris Dewan Kesenian Pacitan dan tentunya Ferisia Hana Puspita ini, menampilkan beberapa tokoh yang dibawakan sendiri oleh beberapa murid SMP Negeri 1 Tegalombo yaitu, Rehilya dari kelas 9C sebagai Sutradara, Chiquitita murid kelas 8a sebagai Rani, Alvin murid kelas 8c sebagai Budi, Safira murid kelas 8a sebagai Citra, Raviko sebagai Dino dan Arzha sebagai Aldi, keduanya murid kelas 8b, Putri dari kelas 9a memerankan Mia dan Nisa dari kelas 9b yang memerankan Putri. (bsu)
×
Berita Terbaru Update