Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Meriahkan Hari Jadi Pacitan ke 278, SMK Negeri 1 Sudimoro adakan Gebyar Langen Tayub Milenial

Senin, 20 Februari 2023 | Februari 20, 2023 WIB Last Updated 2023-02-24T08:17:38Z
>
BERI PENGHARGAAN: Bupati Pacitan memberikan penghargaan kepada Kepala Sekolah SMKN 1 Sudimoro. 

Sudimoro, 20 Pebruari 2023.
Sebanyak 278 
penari mengikuti gelaran "Gebyar Langen Tayub Sudimoro Milenial 278 Penari". Penari-penari yang masih muda-muda ini merupakan siswa dan siswi dari SMK Negeri 1 Sudimoro. 

Acara dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten Pacitan ke 278 tahun ini dihadiri oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji. Dalam acara ini Mas Aji sapaan akrab dari Bupati Pacitan, ikut menari bersama siswa-siswi SMK Negeri 1 Sudimoro dan diikuti pula oleh Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan H. Turmudi, Kepala Diskominfo Bambang Marhaendrawan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Pacitan Indiyah Nurhayati dan juga Camat Sudimoro Khemal Pandu Pratikna. 
Dalam acara yang dirangkaikan dengan Rembug Budaya ini, Bupati Pacitan mengapresiasi atas upaya SMK Negeri 1 Sudimoro dalam melestarikan dan merevitalisasi langen tayub yang berkembang di Sudimoro, bahkan Aji mempunyai keinginan untuk menggelar acara serupa dengan melibatkan siswa siswi SLTA di Pacitan sebanyak sekitar 1000 sampai 200 penari di perempatan penceng. 

Masih dalam rembug budaya itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Pacitan, Indiyah mendorong sekolah dalam kurikulum merdeka ini agar mampu membuat terobosan-terobosan pembelajaran yang berorientasi pada siswa untuk mengembangkan kreativitas siswa. Untuk langen tayub ini ia berharap agar sekolah ini mampu mengikis kesan dan hal negatif yang biasanya lekat didalam kesenian ini. 

Sedangkan Kadisparbudpora, Turmudi merasa senang dengan kegiatan ini. Ia juga menginginkan adanya kekhasan pada langen tayub ini, bahkan berharap juga ada nama khas untuk kesenian ini di Pacitan. 

Ditemui Pacitansatu.com diacara tersebut, Indra Prastowo Kepala SMK Negeri 1 Sudimoro menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dirancang di sekolahnya, ia berharap mampu merevitalisasi kesenian ini sehingga mampu diterima dikalangan muda dan sesuai dengan profil pelajar Pancasila. 

Dalam kesempatan ini juga Bupati Pacitan menyerahkan 3 penghargaan prestasi budaya kepada Kepala Sekolah SMKN 1 Sudimoro, sekolah dan juga siswanya. (Elp)

Pewarta: Bambang
×
Berita Terbaru Update