Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Sambut Ramadhan, Warga Baleharjo Laksanakan Tradisi Gugur Gunung.

Senin, 13 Maret 2023 | Maret 13, 2023 WIB Last Updated 2023-03-13T03:27:49Z
>
GUGUR GUNUNG: Warga Baleharjo Membersihkan Makam

PacitanSatu.com. Ahad, 12 Maret 2023Sebentar lagi kaum muslimin memasuki bulan Ramadhan. Momentum ini di manfaatkan masyarakat Baleharjo menggelar tradisi yang hanya di laksanakan setahun sekali menjelang bulan ramadhan. 
Pada Ahad (12/3) ini, puluhan warga berbondong-bondong memadati kompleks pemakaman Islam Kendal untuk melaksanakan gugur gunung. Kegiatan ini berupa kerja bakti membersihkan makam yang sudah menjadi tradisi khas dan turun menurun bagi masyarakat Baleharjo

Hal ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi antar warga karena banyak umat Islam yang sebelum memasuki bulan Ramadhan berziarah ke kuburan keluarga yang sudah wafat.
"Kegiatan ini merupakan perwujudan kebersamaan dalam gotong royong untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar"  ujar Arifin, salah satu warga Baleharjo.

Terpantau oleh PacitanSatu.com, sejak pagi masyarakat Baleharjo dari berbagai kalangan usia bahu membahu membersihkan makam dengan peralatan yang di bawa dari rumah.
Semak belukar yang selama ini memenuhi kondisi makam mulai di bersihkan. Tidak membutuhkan waktu lama, dalam 3 jam kompleks pemakaman sudah dalam keadaan bersih sehingga memudahkan peziarah yang ingin melaksanakan tabur bunga dan berdoa di atas pusara.

Kurang dari dua pekan lagi, umat Islam di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa di Ramadhan tahun ini, ada yang sudah menetapkan menggunakan hisab juga ada yang menunggu keputusan sidang itsbat yang cenderung menggunakan rukyat yang akan digelar oleh Kementrian Agama. Semuanya sudah tidak menjadi permasalahan serius bahkan saling menghargai bagi warga Baleharjo.(fjr)

Editor: bamselpac
×
Berita Terbaru Update