Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Lestarikan Budaya, Pemdes dan Komunitas PUSER Ngreco Adakan Gelaran Bersih Desa.

Sabtu, 17 Juni 2023 | Juni 17, 2023 WIB Last Updated 2023-06-18T02:18:08Z
>
Foto: SERAHKAN PUSAKA: Kades Ngreco serahkan pusaka untuk dikirab. 

Tegalombo (17/06/2023) PacitanSatu.com. Pemerintah desa Ngreco Kecamatan Tegalombo bekerjasama dengan komunitas Putra Selo Reco (PUSER) mengadakan gelaran bersih desa. 
Gelaran yang diadakan setiap tahun ini dilaksanakan pada bulan Longkang. Menurut Susilohadi, SE kepala desa Ngreco, acara ini dilakukan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rizqi yang diterima warga masyarakat desa Ngreco. Tradisi ini juga berfungsi peringatan kepada leluhur agar sukerta atau bala' dijauhkan dari desa Ngreco. 
Pria yang akrab disapa Ulil ini juga menambahkan bahwa, semua peraga dalam kegiatan ini berasal dari karang taruna dan masyarakat desa Ngreco dibawah bimbingan Murjiatin dan Sujarwanto tokoh seniman desa Ngreco, kegiatan ini juga mengingatkan kepada masyarakat desa Ngreco tentang asal mula adanya desa Ngreco. 
Mewakili pemerintah desa dan masyarakat Ngreco, ia berharap kedepan pemerintah akan memperhatikan pelestarian budaya bersih desa watu reco ini. Mengingat saat ini pembiayaan kegiatan ini hanya berasal dari swadaya masyarakat. Ia juga ingin agar kegiatan ini masuk dalam kalender budaya kabupaten. 
Kegiatan yang dimulai pada pukul 13.00 WIB ini diawali dengan penyerahan pusaka untuk dikirab menuju petilasan watu reco dan diakhiri dengan bancakan memetri pada sore harinya. Pada malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan gelaran beksan tayub kolosal. (Elp) 

×
Berita Terbaru Update