Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Kenalkan Pendidikan Kebencanaan pada Siswa, SMK Negeri Kebonagung Lakukan Sosialisasi SPAB

Senin, 28 Agustus 2023 | Agustus 28, 2023 WIB Last Updated 2023-08-28T05:05:58Z
>
MITIGASI: Pengurangan Resiko Bencana di SMKN Kebonagung. 

Pacitansatu.com. Kebonagung, 28 Agustus 2023. Pengenalan potensi kebencanaan pada siswa, sangat diperlukan untuk mengurangi resiko bencana di sekolah. Hal ini disadari betul oleh SMK Negeri 1 Kebonagung. Untuk itu, bertempat di gedung K SMK Negeri Kebonagung dilaksanakan sosialisasi dan simulasi bencana gempa bumi. 
Kegiatan yang diikuti oleh siswa tersebut menghadirkan Bambang Setyo Utomo, salah satu fasilitator nasional SPAB yang dimiliki kabupaten Pacitan. Dalam kesempatan ini Bambang memaparkan potensi kebencanaan terutama gempa bumi tsunami yang dimiliki oleh Kabupaten Pacitan. 

Inisiator kegiatan ini, Edy Raharjo, S.Pd., M.M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi dari materi wawasan kebangsaan yang ia peroleh di diklat PENDEKAR guru penggerak, "Salah satu materi wasbang, adalah bagaimana melindungi masyarakat dari segala potensi ancaman, salah satunya adalah bencana alam" ungkap Edy kepada Pacitansatu.com. "Untuk itu, kami lakukan sosialisasi potensi kebencanaan di kabupaten Pacitan serta simulasi evakuasi gempa bumi pada anak didik kami" imbuhnya. 

Ditempat terpisah, Kepala SMKN Kebonagung, Sugito, S.Pd., M.M.Pd. dihubungi Pacitansatu.com melalui WA menyatakan merasa senang sekali dengan adanya kegiatan kami. "Harapan kami, setelah diadakannya kegiatan ini, sekolah kami menjadi sekolah yang siap dan tangguh dalam menghadapi bencana terutama gempa bumi yang sering terjadi di Kabupaten Pacitan. Kami juga berharap sekolah kami menjadi sekolah yang mampu menerapkan permendikbud nomor 33 tahun 2019 dan Persesjend Kemdikbud no 6 tahun 2023 tentang penyelenggaraan Satuan Pendidikan Aman Bencana" pungkasnya. (elp) 
×
Berita Terbaru Update