Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

BPK Wilayah 11 Lakukan FGD Dalam Rangka Memajukan Kebudayaan Wayang Beber.

Sabtu, 23 September 2023 | September 23, 2023 WIB Last Updated 2023-09-23T12:32:11Z
>
DUSKUSI: BPK Wilayah 11 Lakukan Diskusi Pemajuan Kebudayaan Wayang Beber.

Pacitansatu.com. Pacitan, 22 September 2023. Pemajuan kebudayaan merupakan amanah undang undang nomor 5 tahun 2017 yang harus dilakukan oleh pemerintah, berdasarkan hal itu, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 11 Mojokerto mengadakan kegiatan Forum Group Discussion dalam rangka memaparkan hasil anasilisa ekosistem obyek pemajuan kebudayaan wayang beber Pacitan. Kegiatan yang berlangsung sehari di ruang pertemuan hotel Parai Teleng Ria Pacitan Jum’at 22 September 2023 dihadiri oleh berbagai komunitas seni budaya di Kabupaten Pacitan.

Dalam sambutannya, Nuryahman ketua panitia dari BPK wilayah 11 menyatakan bahwa kegiatan ini untuk mediskusikan tentang pemajuan kebudayaan wayang beber sebagai Warisan Budaya Tak Benda serta bagaimana melakukan pelestarian dan perlindungan terhadap Wayang Beber, karena hal ini merupakan amanah dari undang-undang.

Endang Budi Heryani, Kepala BPK wilayah 11 ketika membuka acara menyatakan revitalisasi hubungan sosial masyarakat dengan melakukan anasilis ekosistem kebudayaan wajib dilakukan untuk memajukan kebudayaan. Ia juga berjanji kedepannya BPK Wilayah 11 akan mengadakan kegiatan-kegiatan pemajuan kebudayaan Wayang Beber seperti workshop dalang wayang beber, penduplikasian wayang beber di kabupaten Pacitan. Ia melihat Pacitan memiliki budaya-budaya yang harus dikembangkan, selama ini pemajuan kebudayaan hanya dilakukan di wilayah tengah Jawa Timur, sehingga perlu melakukan kegiatan seperti ini di wilayah pinggir seperti Pacitan.

Sementara itu, ditempat yang sama Turmudi, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, ia mewakili pemerintah Kabupaten Pacitan berterimakasih kepada BPK Wilayah 11 yang telah membuat beberapa kegiatan di Pacitan. “Mas Bupati mengacungkan jempol dua untuk kegiatan yang dilakukana BPK Wilayah 11. Tentunya ini adalah signal terimakasih dan dukungan dari Mas Bupati untuk kegiatan kebudayaan ini.” tuturnya. “Kami berharap, untuk tahun-tahun depan, BPK Wilayah 11 sering mengadakan kegiatan di Pacitan” ujarnya sambal tersenyum. 



Untuk diketahui, dalam kegiatan ini dipaparkan hasil penelitian tentang wayang beber yang telah dilakukan oleh Agoes Hendriyanto dan timnya pada beberapa waktu lalu.


Pewarta: Bambangelpacitano


×
Berita Terbaru Update