Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Raimuna Cabang Pacitan 2023: Persatuan Pramuka dan Dukungan untuk UMKM

Selasa, 31 Oktober 2023 | Oktober 31, 2023 WIB Last Updated 2023-11-25T05:13:50Z
>


Pacitan, 28 Oktober 2023 - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pacitan telah sukses menyelenggarakan Raimuna Cabang Pacitan tahun 2023, sebuah acara yang telah lama dinantikan dalam kalender pramuka setiap lima tahun. Acara ini merupakan bagian dari program kerja rutin yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Cabang Pacitan, dengan tujuan utama memperkuat persaudaraan pramuka dan memajukan pramuka penegak dan pandega yang berpangkalan di tingkat SMA, SMK, dan MA se Kabupaten Pacitan.

Raimuna Cabang Pacitan 2023, yang berlangsung mulai dari Rabu, 25 Oktober hingga Sabtu, 28 Oktober 2023, merupakan momen bersejarah yang diikuti oleh 65 sangga utusan gugus depan yang berpangkalan di 36 sekolah menengah di wilayah tersebut. Acara berlangsung selama 4 hari 3 malam dan mempertemukan lebih dari 500 peserta serta 64 pembina.

Rangkaian kegiatan Raimuna Cabang Pacitan 2023 meliputi serangkaian kegiatan umum dan persaudaraan, kegiatan khusus, scout competition, dan scout education. Dalam antara perlombaan dan kegiatan tersebut, terdapat Defile Peleton, Malam Welcome Party yang diisi dengan pentas seni festival Rontek dari 12 kwartir ranting, Ekspedisi, Pawai Budaya, serta Malam Notopuro yang meriah.



Selain mempererat tali persaudaraan, Raimuna Cabang Pacitan 2023 juga memiliki harapan besar untuk melestarikan budaya lokal dan meningkatkan kualitas generasi muda yang aktif dalam kegiatan pramuka penegak dan pandega di wilayah Kabupaten Pacitan. Acara ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbagi pengalaman mereka selama kegiatan dengan rekan-rekan di gugus depan mereka.

Salah satu aspek yang menonjol dalam Raimuna Cabang Pacitan 2023 adalah upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut. Acara ini menyelenggarakan "Pasar Raimuna" yang menyediakan 24 stand atau booth yang ditempati oleh rekan-rekan UMKM. Hal ini memberikan peluang kepada pelaku UMKM untuk memperkenalkan dan menjual produk-produk unggulan mereka kepada para peserta dan pengunjung Raimuna.

Dalam sebuah wawancara dengan Ketua Penyelenggara Raimuna, Kak Reza Prasetya Andika, beliau mengungkapkan harapannya bahwa kehadiran Pasar Raimuna dapat membantu menggerakkan perekonomian lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan demikian, Raimuna Cabang Pacitan 2023 bukan hanya menjadi ajang persaudaraan bagi anggota muda pramuka, tetapi juga menjadi wahana untuk memajukan ekonomi daerah dan mendukung pengembangan kewirausahaan bersama rekan-rekan UMKM.

Raimuna Cabang Pacitan 2023 telah berlangsung sukses dan penuh makna, menunjukkan semangat pramuka dalam membangun persaudaraan, mendukung ekonomi lokal, dan meningkatkan kualitas generasi muda di Kabupaten Pacitan.

×
Berita Terbaru Update