Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Merawat Budaya Tradisi Agar Tidak Punah, Perlu Pelibatan Generasi Z Sesuai dengan Porsinya.

Jumat, 29 Desember 2023 | Desember 29, 2023 WIB Last Updated 2023-12-29T02:52:04Z
>

 


MERAWAT TRADISI: Pelibatan Generasi Z Mutlak dalam Merawat Budaya Tradisi

Pacitansatu.com, Kota, 29 Desember 2023. Lokakarya Ruang Budaya yang diselenggarakan oleh Museum Song Terus Pacitan pada hari kedua membahas tentang Praktik Baik Merawat Tradisi. Diskusi yang dipantik oleh Basuki Teguh Yuwono, S.Sn., M,Sn. dari Museum Keris Brojobuwono.


Dalam paparannya, Mas Bas yang juga Dosen ISI Surakarta ini menjelaskan tentang praktik baik dalam merawat tradisi yang selama ini dia lakukan dan dia teliti. Menurutnya, perlu adanya Akurasi dan pembaharuan data kekayaan karya budaya secara berkala. Skala prioritas karya budaya dalam pemajuan kebudayaan mutlak diperlukan. Merawat tradisi ini perlu juga melibatkan semua pihak secara proporsional. 



Ia juga berharap generasi modern dan generasi Z turut dilibatkan dalam pemajuan kebudayaan sesuai porsinya. Dalam pelibatan generasi Z ini, sistem edukasi pewarisan budaya yang relevan dan kontekstual harus tetap berada pada koridor makna dan nilai tradisi.



Menurutnya, unsur utama dalam merawat budaya tradisi ini meliputi Makna-nilai, Masetro, Ekosistem dan jalinan keberadaan masyarakat pengampunya yang diikat makna-nilainya. Dengan catatan semua unsur ini tidak boleh hilang salah satupun, karena menurutnya, jika salah satu unsur ini hilang, maka dapat dipastikan warisan budaya tersebut lambat laun akan punah. (elp)


×
Berita Terbaru Update