Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

" Eksplorasi Bawah Air Sungai Maron: Pesona Alam yang Aman untuk Fotografi Underwater "

Jumat, 12 Januari 2024 | Januari 12, 2024 WIB Last Updated 2024-02-24T09:01:46Z
>

 


Foto KKN ISI; Sungai Maron Pantai Ngiroboyo Sendang Donorojo


 

Surakarta 12 Januari 2024 – Sungai Maron menjadi salah satu tempat yang aman untuk memotret dibawah air, pasalnya Sungai Maron terhubung dengan Pantai Ngiroboyo. Pantai Ngiroboyo termasuk dalam pantai selatan yang memiliki ombak besar dan arus kuat, namun saat air laut terhubung dengan Sungai Maron air laut yang terhubung tidak memiliki arus yang kuat hal itu yang menjadikan Sungai Maron aman untuk memotret dibawah air. Sungai Maron merupakan tempat wisata yang cukup popular di Pacitan. Sungai maron yang membentang dari Kecamatan Pringkuku yang berakhir di Pantai Ngiroboyo Desa Sendang kecamatan Donorojo.

 

Foto KKN ISI; Sungai Maron Pantai Ngiroboyo Sendang Donorojo


Objek wisata Sungai Maron memiliki suasana alam yang asri dan masih alami serta air yang jernih. Pemandangan alam Sungai Maron terdapat pepohonan di setiap sisi samping Sungai Maron. Tak hanya itu, Sungai Maron juga memiliki air berwarna biru kehijauan yang membuat keunikan pada Sungai Maron. Pemandangan alam yang memanjakan mata tersebut menjadi daya tarik pengunjung dan wisatawan asing. Selain pemandangan sebagai daya tarik, wisatawan juga dapat menjelajahi sungai menggunakan perahu yang disediakan.

Sungai Maroon cocok untuk dijadikan pemotretan dibawah air karena sungai ini tidak memiliki arus yang kuat. Dalam pemotretan dalam air ini kita dapat mengetahui tentang kehidupan di bawah air sungai maron yang jarang dieksplor oleh wisatawan karena selama ini, kegiatan susur sungai menggunakan prahu menjadi pilihan utama para wisatawan untuk berkunjung. Kehidupan bawah air sungai maron ini dapat menjadi objek pemotretan bawah air karena memiliki kualitas air yang bersih dan mempunyai arus yang tenang dan menjadikan bawah air sungai maron ini dapat dieksplor dan diabadikan lewat visual.

Ada beberapa persiapan dan teknik untuk melakukan pemotretan dibawah air. Berikut beberapa macam persiapan untuk melakukan pemotretan dibawah air:

1.    Kamera

Persiapan yang wajib dibawa yaitu kamera. Pemotretan dibawah air dapat menggunakan kamera professional maupun kamera handphone.

2.    Casing

Casing menjadi bagian penting untuk melindungi kamera pada kamera professional dan handphone agar kamera professional dan kamera handphone tidak rusak.

3.    Keahlian menyelam

Keahlian menyelam menjadi faktor berhasilnya pemotretan dibawah air. Dengan memiliki keahlian menyelam, anda akan menghasilkan gambar lebih jelas atau tidak buram

4.    Sirip katak

Dengan menggunakan sirip renang anda akan terbantu dalam pergerakan menyelam

5.    Kacamata renang

Kacamata renang digunakan untuk melihat alam dibawah air dan melindungi mata dari tekanan air

Sedangkan pada teknik pemotretan diperlukan beberapa cara diantaranya:

1.    Arah cahaya

Cahaya menjadi salah satu hal penting dalam hasil pemotretan dibawah air sebab didalam air cahaya cukup redup karena tidak terkena sinar matahari secara langsung oleh karena itu anda harus memperhatikan arah cahaya untuk hasil yang menarik.

2.    Atur Kecepatan Rana

Mengatur kecepatan rana menjadi salah satu hal yang sulit ketika memotret bawah air, sebab kekita mengambil foto biota air, dan objek yang bergerak dalam air membutuhkan kecepatan rana yang tinggi.

3.    Mengambil foto ketika siang hari.

Mengambil foto di bawah air dianjurkan ketika waktu siang hari, karena pada waktu itu cahaya ada berada di atas. Cara ini nantinya akan membantu dalam memberikan cahaya alami ketika mengambil foto bawah air.

4.    Air yang Dangkal

Saat mengambil foto bawah air pilihlah perairan yang tidak terlalu dalam, karena pada hal ini cahaya matahari masih dapat menembus air yang nantinya dapat membantu pencahayaan ketika mengambil foto di bawah air.

Begitu lah bentuk ketika mengambil foto bawah air di sungai maron di pacitan, karena masih jarang yang mengetahui bentuk dari hasil foto kehidupan bawah air sungai maron ini maka pemotretan bawah air ini dapat membantu sebagai pengenalan dan memperlihatkan sisi lain sungai maron.


(KKN ISI Surakarta; Bintang, Yudi, Tryas)

×
Berita Terbaru Update