Notification

×

Iklan

Buy template blogger

Iklan

Buy template blogger

Indeks Berita

Gondol 8 Medali Emas, Tapak Suci Pacitan dinobatkan sebagai Juara Umum IPSI Cup 2024

Selasa, 17 September 2024 | September 17, 2024 WIB Last Updated 2024-09-17T07:03:24Z
>

 




PacitanSatu.com Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pengkab Pacitan kembali menggelar Perhelatan akbar yang mempertemukan semua atlet pencak silat dari berbagai Organisasi Perguruan silat melalui kejuaraan IPSI Cup 2024 yang digelar di GOR Pacitan . Acara yang digelar selama 2 hari ini (15-16 September 2024), menobatkan Perguruan Tapak Suci sebagai Juara Umum setelah berhasil menggondol 8 Medali Emas, 1 Perak, dan 1 perunggu.

Acara ini diikuti oleh 13 Perguruan Pencak Silat dari total 14 Perguruan Pencak Silat yang tergabung dalam IPSI Kabupaten Pacitan yang menurunkan total lebih dari 80 Atlet Pencak Silat. Para Atlet tersebut berjuang memperebutkan 15 Medali emas untuk kategori tanding putra dan putri, 7 medali Emas untuk kategori seni Tunggal, Solo Kreatif,Seni Ganda dan Beregu.

IPSI Cup adalah wadah silaturahmi antar pendekar perguruan Silat yang biasa digelar sesuai kebutuhan. Seperti event di tahun 2024 kali ini sengaja digelar untuk memenuhi penjaringan kebutuhan Atlet yang dibutuhkan oleh Dinas Parbudpora Kabupaten Pacitan untuk berlaga pada kejuaraan Popda maupun kejurprov tingkat Provinsi Jawa Timur. Meskipun atlet yang dipertandingkan lebih banyak dari yang dibutuhkan, namun sekali jalan untuk kebutuhan Popda dan Kejurprov sekali event semua kebutuhan penjaringan Atlet dapat terpenuhi. Hal ini disampaiakan langsung oleh Ketua IPSI Kabupaten Pacitan, Khusnul Qomarudin,M.Pd, pada saat sambutan penutupan IPSI Cup 2024 di gelanggang Pencak Silat yang digelar di GOR Pacitan kemarin (16-9-2024).

“Alhamdulilah, seluruh rangkaian kegiatan (IPSI Cup) telah kita lalui, dan hasil daripada seleksi kali ini kita jadikan referensi dan bahan untuk mempertimbangkan kelayakan atlet yang akan kita kirim mewakili Kabupaten pacitan di kancah Provinsi. Namun yang mendapatkan juara 1 hari ini belum tentu terpilih yang mewakili.ke Jawa Timur, masih kita seleksi dan pertimbangkan lagi apakah atlet ini layak atau tidak” Khusnul menegaskan sembari memberikan sambutan penutupan IPSI Cup 2024.

Khusnul menambahkan, IPSI Kabupaten Pacitan juga telah menyiapkan tim untuk memantau atlet-atlet yang hari berlaga dan dilihat siapa saja yang mempunyai khasanah perbendaharaan tehnik-tehnik sebagai bekal menghadapi pendekar-pendekar silat dari seluruh provinsi yang ada di Jawa Timur nantinya.

 

Ketua Panita IPSI CUP 2024, Samsudin, menyerahkan Piala Juara Umum kepada Official Tapak Suci


Swadaya antar perguruan

Yang menarik dari perhelatan IPSI Cup tahun ini adalah minimnya pendanaan dari KONI selaku induk dari semua cabang olahraga termasuk di Pacitan. Sehingga untuk memenuhi segala kebutuhan agar pelaksanaan pertandingan berjalan lancar, semua perguran rela urunan atau sekedar berpartisipasi dengan tenaga dan fikirannya.

Untuk keperluan persewaan peralatan dan perlengkapan pertandingan misalnya, demi menghemat pengeluaran dari IPSI, maka panitia hanya meminjam kepada Perguruan-perguruan yang mempunyai alat yang dibutuhkan tersebut. Meskipun IPSI cup dilaksanakan dengan se-sederhana mungkin, namun tidak sedikitpun mengurangi marwah rangakaian acara ini hingga dapat terlaksana dengan lancar tanpa ada kendala yangberarti.

Ketua Panitia IPSI Cup 2024, Samsudin, dalam sambutannya menegaskan, bahwa IPSI Cup bukan hanya gawe-nya satu organisasi saja. Namun ini menjadi gawe dari semua Perguruan yang tergabung dalam IPSI Pengkab Pacitan secara utuh. Maka untuk memenuhi kekurangan-kekurangan dalam kepanitiaan ini tidak segan-segan untuk segera dipenuhi dari anggota Ikatan Pencak silat ini.

“saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turu membantu terselenggranya kegiatan ini, baik yang membantu pendanaan dari rekan-rekan anggota IPSI, maupun yang teman-teman yang membantu melalui tenaga dan fikirannya yang sudah sejak 2 hari yang lalu berjibaku menyiapkan acara sampai hari ini dan berakhir dengan sukses,” ucap Samsudin saat memimpin Seluruh Panitia IPSI Cup membereskan peralatan yang dipakai di GOR.


×
Berita Terbaru Update